top of page

Review Film State of Play (2009)

State of Play (2009)

Rilis : 17 April 2009

Sutradara : Kevin Macdonalr

Produser : Tim Bevan, Andrew Hauptman, Eric Fellner

Pemeran : Russell Crowe, Robin Wright Penn, Ben Affleck, Jason Bateman, Rachel McAdams, Jeff Daniels, Helen Mirren

Sinematografi : Rodrigo Prieto

Distributor : Universal Pictures.

Plot

Seorang pencuri melarikan diri ditembak pria yang membawa koper. Seorang pengirim menyaksikan insiden juga ditembak dan kondisi koma. Wanita muda dibunuh oleh kereta yang nampak bunuh diri. Stephen Collins putus asa mendengar wanita tersebut Sonia Baker staffnya. Collins mempunyai pengalaman militer memimpin investigasi ke PointCorp.

Collins menghubungi Cal McAffrey wartawan investigasi. Della Frye reporter dan blogger dengan divisi Online surat kabar, Cal dan editor Cameron Lynne mendapati kematian Sonia terjadi di salah satu dari 3 titik buta CCTV. Cal meyakini penembakan terkait kematian Sonia dan mendapati hubungan pencuri dan gadis tunawisma yang mencari Cal.

Della mengunjungi rumah sakit tempat pengirim yang sadar dan menyaksikan pembunuhan oleh Sniper tidak terlihat. Dia meninjau rekaman CCTV mengenali pria yang dia lihat di rumah sakit. Terungkap PointCorp berdiri untuk mendapati miliaran dolar setiap tahun dari kegiatan tentara bayaran mereka di Timur Tengah dan dalam negeri.

Cal menjelaskan pada Collins, PointCorp bekerja sama dengan kontraktor pertahanan lain menciptakan monopoli dan membeli pengawasan pemerintah dan kontrak pertahanan. Cal mendapati si pembunuh tinggal dan memanggil polisi yang memaksa pria tersebut menghilang usai menembak Cal. Della mendapati identitas pria yang berbicara pada Sonia dalam foto. Dia Dominic Foy eksekutif PR untuk anak perusahaan PointCorp.

Intinya, pada film ini menceritakan kegiatan dari seorang jurnalis bernama Cal McAffrey yang mengungkap berita tentang kasus kematian seorang wanita bernama Sonia, yang akhirnya membuat terkuaknya berbagai kasus berita lain.

Pada film ini juga tergambar dengan jelas mengenai elemen jurnalis, berikut elemen-elemen jurnalisnya :

9 Elemen Jurnalis pada Film State of Play

1. Kewajiban pertama jurnalisme pada kebenaran

Tergambarkan pada saat Cal yang menjunjung nilai kebenaran terhadap berita yang akan dibuatnya, saat mencari informasi mengenai kasus tersebut dia tidak tanggung-tanggung mewawancarai dari sumber yang utama, Cal juga tidak ingin membuat berita hanya dari teman Sonia karena dianggapnya kurang memiliki kredibilitas. Hingga Cal menunda pencetakan berita yang membuatnya harus menentang atasannya demi terjaganya kebenaran dari isi berita yang akan dibuatnya.

2. Loyalitas pertama jurnalisme adalah kepada warga

Dalam hal ini, Cal mementingkan kebenaran karna tujuannya untuk menunjukkan kebenaran itu kepada masyarakat atau publik. Yang ditunjukkannya ketika ia lebih memperhatikan korban ketimbang kepentingan sepihak atau yang lain.

3. Esensi Jurnalisme adalah disiplin verifikasi

Dapat terlihat pada elemen pertama bahwa Cal tidak bertumpu pada sesuatu yang tidak pasti, ia sangat teliti untuk mendapatkan informasi yang benar. Dia peroleh data dengan mewawancarai berbagai sumber, agar yang berita yang ia tulis tidak ada unsurnya untuk menyesatkan pembaca.

4. Jurnalis harus menjaga independensi dari obyek liputannya

Cal sangat obyektif dalam memberitakan suatu hal, dilihat dari Cal yang tidak segan memberikan informasi pada beritanya mengenai hal buruk walau yang melakukan hal itu adalah teman atau sahabatnya sendiri.

5. Jurnalis harus bertindak sebagai pemantau independen terhadap kekuasaan

Sebagai sahabat dari anggota dewan kongres Amerika yakni Stephen Collins, Cal tidak memihak pada kepentigan temannya melainkan kepada kepentingan publik. Dengan begitu Cal tetap memberikan informasi atau berita dengan fakta-fakta dan kebenaran yang ada dan mengabaikan urusan pribadinya dengan Stephen Collins ini.

6. Jurnalisme harus menyediakan forum bagi publik untuk komentar, kritik, dan kompromi publik

Elemen keenam ini tergambar di dalam adegan saat Cal menerima informasi dari seorang anak perempuan tunawisma tanpa melihat siapa, dan apa latar belakangnya asalkan yang dia terima adalah informasi yang benar dan jelas adanya.

7. Jurnalis harus berusaha membuat hal penting menjadi menarik dan relevan

Pada adegan terakhir saat Cal menyusun data menjadi berita yang akan di publikasikan itu sangat menarik dengan memberikan judul yang sederhana tetapi dapat membuat orang yang melihatnya akan penasaran dan kemudian membacanya.

8. Jurnalis harus menjaga agar beritanya komprehensif dan proposional

Dari berita yang ditulis Cal terlihat sangat rapi karena data yang ia susun teratur dari satu informasi ke informasi yang lain ia susun dengan konteks yang luas, seimbang dan proposional agar dapat diterima oleh masyarakat umum.

9. Jurnalis memiliki kewajiban untuk mengikuti hati nurani mereka

Sebelum kasus terungkap dengan jelas, dan berita yang ada tidak pasti kebenarannya, Cal mengikuti kata hatinya bahwa dia harus menemukan kebenaran dalam kasus ini dan dia harus menyelesaikan kasus lebih dahulu walau sempat ia diminta berhenti untuk mencari data dalam kasus ini.

Referensi plot termuat di :

Recent Posts
bottom of page