top of page

Kondisi Media Massa di Indonesia Saat Ini

Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang bisa dibilang banyak. Media massa di Indnesia ini sangat berpengaruh terhadap penduduknya atau masyarakatnya. Maka dari itu disini saya akan beropini mengenai "Kondisi Media Massa di Indoseia Saat Ini".

Pertama, saya akan membahas mengenai media massa cetak yaitu koran, untuk saat ini koran cetak pada generasi milenial sudah jarang di baca karena generasi milenial lebih menyukai membaca berita melalui gawai atau smartphone dan mereka lebih menyukai yang berbentuk digital karena lebih praktis dan mudah di akses kapanpun dan dimanapun. Meski begitu, eksistensi koran cetak belum menurun alias masih banyak digemari oleh generasi sebelum milenial ini.

Yang kedua ini adalah media massa penyiaran radio. Kondisi radio saat ini masih sangan digandrungi masyarakat di Indonesia karena beberapa alasan, berikut beberapa alasannya:

- Kemacetan jalan, nah bagi masyarakat perkotaan seperti Jakarta yang mengalami kemacetan saat dijalan ketika jam berangkat kerja dan pulang kerja radio adalah salah satu hiburan dikala itu, selain sebgai hiburan juga karena ketika diperjalanan mendengarkan radio kita akan mendapatkan informasi lalu lintas, dan berita ter-update.

- Untuk mendengarkan lagu-lagu yang sedang happening atau mendengar lagu lagu baru untuk menambah perpustakaan daftar lagu.

- Sebagai sumber informasi yang akurat bagi desa pelosok yang belum terjangkau oleh internet.

Ketiga, media berikut ini ga kalah eksis nya dengan radio, yaitu televisi. Channel televisi di Indonesia saat ini sudah banyak dan banyak pula penggemarnya karena hampir setiap rumah penduduk Indonesia memiliki televisi, apalagi di Indonesia ini jika ingin menonton televisi sudah sangat mudah karena tidak perlu berbayar atau berlangganan. Meski begitu mirisnya konten yang ditayangkan pada kebanyakan televisi swasta di Indonesia ini masih sangat kurang bermutu, bisa kita lihat pada beberapa program acara televisi seperti 'Karma', 'Katalan Putus', 'Rumah Uya', dll. Padahal televisi ini memiliki peran yang sangat penting sebagai social control.

Maka dari itu, saat ini media di Indonesia sangat jauh dari kata ideal karena contohnya jika dilihat dari media televisi sangat sedikit channelnya yang menampilkan program yang melengkapi fungsi media massa itu sendiri, seperti:

- yang untuk menginformasikan.

- untuk mengedukasi.

- untuk menghibur.

- sebagai social control.

Jadi untuk kondisi media massa di Indoesia terutama media penyiaran televisi itu kebanyakan masih pragmatis.

Recent Posts
bottom of page